Mengupas Komunikasi Penerbangan



Untuk menjadi seorang penerbang yang baik maka ada beberapa hal dasar yang harus dikuasa oleh penerbang tersebut

Salah satunya…
Adalah komunikasi penerbangan atau yang biasa di sebut dengan Radiotelephony.

Untuk itu artikel ini akan mengupas tentang komunikasi penerbangan
Mari kita mulai..

Dunia penerbangan bersifat internasional dimana tidak hanya satu negara yang terlibat di dalamnya, sehingga untuk berkomunikasi harus dibuat satu aturan atau standart yang berlaku internasional dan dapat dipahami oleh seluruh dunia.

ICAO (International Civil Aviation Organisation) adalah salah satu badan di bawah PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) yang tugasnya ialah mengurusi urusan penerbangan dunia.

Untuk masalah komunikasi ini ICAO menerbitkan Annex 10 tentang Aeronautical Telecommunication yang menjadi standart seluruh dunia untuk berkomunikasi di dunia aviasi.

1. Penyampaian Huruf




Dalam penyampaian huruf baik yang disampaikan oleh ATC atau Pilot, seharusnya tidak di eja kata perkata melainkan dibaca secara keseluruhan selama hal itu dirasa tidak membuat kebingungan. Namun ada beberapa bagian penyampaian huruf yang harus disampaikan dengan cara di eja kata – perkata contohnya  saat penyebutan Taxi Way, Registrasi pesawat, VOR, dan beberapa hal lainnya..

LLB   = Lima Lima Bravo 
ROA  = Romeo Oscar Alfa 
MUA = Mike Uniform Alfa


2. Penyampaian Angka

Nah untuk penyebutan angka sama seperti pada umumnya namun untuk angka 1, 2, 3, 4, 8, 9 angka – angka ini memiliki cara tersendiri dalam penyebutannya untuk menghindari salah paham. 

Numeral
Pronunciation
0
ZE - RO
1
WUN
2
TOO
3
TREE
4
FOW-er
5
FIFE
6
SIX
7
SEV-en
8
AIT
9
NIN-er

Table di atas adalah cara penyebutan angka secara umum, berikutnya ada juga cara penyebutan angka untuk beberapa hal umum yang ada di penerbangan. Sebagai berikut:

AIRCRAFT CALL SIGNS
TRANSMITTED AS
CCA128
AIR CHINA TWO THREE EIGHT
OAL242
OLYMPIC TWO FOUR TWO
FLIGHT LEVEL
TRANSMITTED AS
FL 180
FLIGHT LEVEL ONE EIGHT ZERO
FL 300
FLIGHT LEVEL THREE ZERO ZERO
HEADINGS
TRANSMITTED AS
100 DEGREES
HEADING ONE ZERO ZERO
040 DEGREES
HEADING ZERO FOUR ZERO
WIND DIRECTION AND SPEED
TRANSMITTED AS
210 DEGREES 25 KNOTS
WIND TWO ONE ZERO DEGREES
TWO FIVE KNOTS
160 DEGREES 16 KNOTS
WIND ONE SIX DEGREES
ONE SIX KNOTS
GUSTING 20 KNOTS
GUSTING  TWO ZERO KNOTS
TRANSPONDER CODE
TRANSMITTED AS
2400
SQUAWK TWO FOUR ZERO ZERO
3615
SQUAWK THREE SIX ONE FIVE
RUNWAY
TRANSMITTED AS
27
RUNWAY TWO SEVEN
9
RUNWAY ZERO NINE
ALTIMETER SETTING
TRANSMITTED AS
1011
QNH ONE ZERO ONE ONE
1010
QNH ONE ZERO ONE ZERO

Sedangkan untuk Ketinggian, Jarak Pandang, Ketinggian Awan, RVR angka di baca sesuai angka tetapi untuk angka 0 ( Nul ) tidak di baca zero melainkan “Hundred” untuk ratusan dan  “Thousand” untuk ribuan .

Altitude
Transmitted As
800
Eight Hundred
5500
Five Thousand Five Hundred
Cloud Height
Transmitted As
2200
Two Thousand Two Hundred
4300
Four Thousand Three Hundred
Visibility
Transmitted As
1000
Visibility One Thousand
700
Visibility Seven Hundred
Runway Visual Range
Transmitted As
600
RVR Six Hundred
1700
RVR One Thousand Seven Hundred


3. Frasa - Frasa Standart Penerbangan.

Setelah kita belajar cara penyebutan Huruf dan Angka, sekarang kita lanjut pada frase – frase penerbangan. Dalam berkomunikasi antara ATC dengan Pilot atau sebaliknya kata – kata berikutlah standart percakapan yang digunakan dalam komunikasi dunia penerbangan.

Word/Phrase
Meaning
ACKNOWLEDGE
" BERITAHU SAYA BAHWA ANDA SUDAH MENDENGAR DAN MEMAHAMI "
AFFIRM
" BENAR "
APPROVE
" IJIN DI BERIKAN "
BREAK
" DENGAN INI SAYA MENYATAKAN ADA JEDA ANTARA SUATU PERINTAH DENGAN PERINTAH LAIN "
BREAK BREAK
" DENGAN INI SAYA MENYATAKAN ADA JEDA ANTARA SUATU PERINTAH DENGAN PERINTAH LAIN UNTUK PESAWAT YANG BERBEDA "
CANCEL
" MEMBATALKAN "
CHECK
" MOHON ANDA PERIKSA "
CLEARED
" ANDA DIBERIKAN IJIN UNTUK MELAKUKAN…"
CONFIRM
" SAYA MEMINTA KEPASTIAN "
CONTACT
" COBA BUAT HUBUNGAN / KONEKSI "
CORRECT
" BENAR / TEPAT "
CORRECTION
" KESALAHAN TELAH SAYA BUAT "
DISREGARD
" TIDAK JADI / LUPAKAN "
HOW DO YOU READ
" BAGAIMANA KUALITAS TRANSMISI SAYA "
I SAY AGAIN
" SAYA KATAKAN ULANG "
MAINTAIN
" LANJUTKAN DENGAN APA YANG ANDA SEDANG LAKUKAN "
MONITOR
" TOLONG DENGARKAN "
NEGATIVE
" TIDAK / SALAH "
OUT
" KELUAR "
OVER
" TRANSMISI SAYA SELESAI, MOHON BALASAN ANDA "
READ BACK
" ULANGI PERINTAH YANG SUDAH SAYA BERIKAN KEPADA ANDA "
RECLEARED
" ADA PERUBAHAN PERINTAH, YANG LALU TIDAK BERLAKU LAGI "
REPORT
" LAPOR "
REQUEST
" SAYA MEMINTA "
ROGER
" BAIKLAH "
SAY AGAIN
" COBA ULANGI LAGI "
SPEAK SLOWER
" BICARA LEBIH PELAN "
STANDBY
" SEBENTAR, SAYA AKAN KEMBALI LAGI PADA ANDA "
WILCO
" BAIKLAH, DAN SAYA AKAN LAKUKAN ITU "
WORDS TWICE
" PERKATAN SULIT DIMENGERTI, TOLONG ULANGI TIAP KATA 2X "

============================================================

Kalau masih ada pertanyaan atau request artikel bisa langsung tinggalkan di kolom komentar dan baca juga artikel – artikel lainnya di bawah ini:

0 comments: