Mengupas Komunikasi Penerbangan
Untuk menjadi
seorang penerbang yang baik maka ada beberapa hal dasar yang harus dikuasa oleh
penerbang tersebut
Salah satunya…
Adalah
komunikasi penerbangan atau yang biasa di sebut dengan Radiotelephony.
Untuk itu artikel
ini akan mengupas tentang komunikasi penerbangan
Mari kita
mulai..
Dunia
penerbangan bersifat internasional dimana tidak hanya satu negara yang terlibat
di dalamnya, sehingga untuk berkomunikasi harus dibuat satu aturan atau
standart yang berlaku internasional dan dapat dipahami oleh seluruh dunia.
ICAO
(International Civil Aviation Organisation) adalah salah satu badan
di bawah PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) yang tugasnya ialah mengurusi urusan
penerbangan dunia.
Untuk masalah
komunikasi ini ICAO menerbitkan Annex 10 tentang Aeronautical Telecommunication
yang menjadi standart seluruh dunia untuk berkomunikasi di dunia aviasi.
1. Penyampaian Huruf
Dalam penyampaian huruf baik yang disampaikan oleh ATC
atau Pilot, seharusnya tidak di eja kata perkata melainkan dibaca secara
keseluruhan selama hal itu dirasa tidak membuat kebingungan. Namun ada beberapa
bagian penyampaian huruf yang harus disampaikan dengan cara di eja kata – perkata
contohnya saat penyebutan Taxi Way,
Registrasi pesawat, VOR, dan beberapa hal lainnya..
LLB = Lima Lima Bravo
ROA = Romeo Oscar Alfa
MUA = Mike Uniform Alfa
2. Penyampaian Angka
Nah untuk penyebutan angka sama seperti pada umumnya
namun untuk angka 1, 2, 3, 4, 8, 9 angka – angka ini memiliki cara tersendiri
dalam penyebutannya untuk menghindari salah paham.
Numeral
|
Pronunciation
|
0
|
ZE - RO
|
1
|
WUN
|
2
|
TOO
|
3
|
TREE
|
4
|
FOW-er
|
5
|
FIFE
|
6
|
SIX
|
7
|
SEV-en
|
8
|
AIT
|
9
|
NIN-er
|
Table di atas adalah cara penyebutan angka secara umum,
berikutnya ada juga cara penyebutan angka untuk beberapa hal umum yang ada di
penerbangan. Sebagai berikut:
AIRCRAFT CALL SIGNS
|
TRANSMITTED AS
|
CCA128
|
AIR CHINA TWO THREE EIGHT
|
OAL242
|
OLYMPIC TWO FOUR TWO
|
FLIGHT LEVEL
|
TRANSMITTED AS
|
FL 180
|
FLIGHT LEVEL ONE EIGHT ZERO
|
FL 300
|
FLIGHT LEVEL THREE ZERO ZERO
|
HEADINGS
|
TRANSMITTED AS
|
100 DEGREES
|
HEADING ONE ZERO ZERO
|
040 DEGREES
|
HEADING ZERO FOUR ZERO
|
WIND DIRECTION AND SPEED
|
TRANSMITTED AS
|
210 DEGREES 25 KNOTS
|
WIND TWO ONE ZERO DEGREES
|
TWO FIVE KNOTS
|
|
160 DEGREES 16 KNOTS
|
WIND ONE SIX DEGREES
ONE SIX KNOTS
|
GUSTING 20 KNOTS
|
GUSTING TWO ZERO KNOTS
|
TRANSPONDER CODE
|
TRANSMITTED AS
|
2400
|
SQUAWK TWO FOUR ZERO ZERO
|
3615
|
SQUAWK THREE SIX ONE FIVE
|
RUNWAY
|
TRANSMITTED AS
|
27
|
RUNWAY TWO SEVEN
|
9
|
RUNWAY ZERO NINE
|
ALTIMETER SETTING
|
TRANSMITTED AS
|
1011
|
QNH ONE ZERO ONE ONE
|
1010
|
QNH ONE ZERO ONE ZERO
|
Sedangkan untuk Ketinggian, Jarak Pandang, Ketinggian Awan, RVR angka di baca sesuai angka
tetapi untuk angka 0 ( Nul ) tidak di baca zero melainkan “Hundred” untuk
ratusan dan “Thousand” untuk ribuan .
Altitude
|
Transmitted As
|
800
|
Eight
Hundred
|
5500
|
Five
Thousand Five Hundred
|
Cloud Height
|
Transmitted As
|
2200
|
Two
Thousand Two Hundred
|
4300
|
Four
Thousand Three Hundred
|
Visibility
|
Transmitted As
|
1000
|
Visibility
One Thousand
|
700
|
Visibility
Seven Hundred
|
Runway Visual Range
|
Transmitted As
|
600
|
RVR
Six Hundred
|
1700
|
RVR
One Thousand Seven Hundred
|
3. Frasa - Frasa Standart Penerbangan.
Setelah kita belajar cara penyebutan Huruf dan Angka,
sekarang kita lanjut pada frase – frase penerbangan. Dalam berkomunikasi antara
ATC dengan Pilot atau sebaliknya kata – kata berikutlah standart percakapan
yang digunakan dalam komunikasi dunia penerbangan.
Word/Phrase
|
Meaning
|
ACKNOWLEDGE
|
"
BERITAHU SAYA BAHWA ANDA SUDAH MENDENGAR DAN MEMAHAMI "
|
AFFIRM
|
"
BENAR "
|
APPROVE
|
"
IJIN DI BERIKAN "
|
BREAK
|
"
DENGAN INI SAYA MENYATAKAN ADA JEDA ANTARA SUATU PERINTAH DENGAN PERINTAH
LAIN "
|
BREAK BREAK
|
"
DENGAN INI SAYA MENYATAKAN ADA JEDA ANTARA SUATU PERINTAH DENGAN PERINTAH
LAIN UNTUK PESAWAT YANG BERBEDA "
|
CANCEL
|
"
MEMBATALKAN "
|
CHECK
|
"
MOHON ANDA PERIKSA "
|
CLEARED
|
"
ANDA DIBERIKAN IJIN UNTUK MELAKUKAN…"
|
CONFIRM
|
"
SAYA MEMINTA KEPASTIAN "
|
CONTACT
|
"
COBA BUAT HUBUNGAN / KONEKSI "
|
CORRECT
|
"
BENAR / TEPAT "
|
CORRECTION
|
"
KESALAHAN TELAH SAYA BUAT "
|
DISREGARD
|
"
TIDAK JADI / LUPAKAN "
|
HOW DO YOU READ
|
"
BAGAIMANA KUALITAS TRANSMISI SAYA "
|
I SAY AGAIN
|
"
SAYA KATAKAN ULANG "
|
MAINTAIN
|
"
LANJUTKAN DENGAN APA YANG ANDA SEDANG LAKUKAN "
|
MONITOR
|
"
TOLONG DENGARKAN "
|
NEGATIVE
|
"
TIDAK / SALAH "
|
OUT
|
"
KELUAR "
|
OVER
|
"
TRANSMISI SAYA SELESAI, MOHON BALASAN ANDA "
|
READ BACK
|
"
ULANGI PERINTAH YANG SUDAH SAYA BERIKAN KEPADA ANDA "
|
RECLEARED
|
"
ADA PERUBAHAN PERINTAH, YANG LALU TIDAK BERLAKU LAGI "
|
REPORT
|
"
LAPOR "
|
REQUEST
|
"
SAYA MEMINTA "
|
ROGER
|
"
BAIKLAH "
|
SAY AGAIN
|
"
COBA ULANGI LAGI "
|
SPEAK SLOWER
|
"
BICARA LEBIH PELAN "
|
STANDBY
|
"
SEBENTAR, SAYA AKAN KEMBALI LAGI PADA ANDA "
|
WILCO
|
"
BAIKLAH, DAN SAYA AKAN LAKUKAN ITU "
|
WORDS TWICE
|
"
PERKATAN SULIT DIMENGERTI, TOLONG ULANGI TIAP KATA 2X "
|
============================================================
Kalau masih ada pertanyaan atau request artikel bisa langsung tinggalkan
di kolom komentar dan baca juga artikel – artikel lainnya di bawah ini:
0 comments: